Laman

Sabtu, 01 Oktober 2016

Perjalanan ke Danau Kelimutu , Ende NTT Indonesia [CATRPER]

1.       Catatan Perjalanan

Mendengar kata kelimutu pasti kita teringat dengan gambar yang ada di uang kertas 5000an jaman dulu .Ya, yang ada di gambar uang tersebut adalah tiga buah danau dengan memiliki warna masing-masing yang berbeda dan sering berubah-ubah seiring berjalannya waktu.
Disini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang danau kelimutu, melainkan ingin sedikit sharing mengenai perjalanan menuju danau tersebut.

Gambar 1 - Uang 5000 Jaman dulu

DAY 1 [ Rabu, 28 September 2016 ]
Hari pertama adalah perjalan saya menuju kota Kupang, yang dimana kota tersebut merupakan ibu kota NTT, perjalan dari Jakarta ke kupang sekitar 3 ½ Jam.  sebelum ke ende saya sempatkan sehari semalam untuk menikmati wisata dan kuliner yang ada di kota tersebut.

Gambar 2 - Berfoto di depan Hotel

DAY 2 [ Kamis, 29 September 2016 ]
Keesokan hari nya  saya melanjutkan perjalanan menuju Kota Ende yang berada di selatan pulau Flores dengan waktu tempuh sekitar 50 menit dari kota Kupang menggunakan pewawat , setibanya di Ende saya langsung melanjutkan perjalanan menuju desa moni  menggunakan travel dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. setibanya di moni saya langsung mencari penginapan di dapatlah sebuah hotel bernama hotel flores sare. Saya langsung istirahat dan bermalam di hotel tersebut.

Gambar 3 - Bandara Ende, Flores

DAY 3 [ Jum'at, 30 September 2016 ]
Jam, sudah menunjukan pukul 4.45 . Saya langsung bergegas menuju danau Kelimutu dengan di antar oleh seorang tukang ojek , dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.
Setibanya di Rest area / information center . saya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menuju danau. Berikut adalah sepenggal gambar yang saya abadikan di atas danau.
Gambar 4 - Danau Kelimutu

Gambar 5 - Danau Kelimutu

Di perjalan pulang menuju hotel, saya di ajak oleh tukang ojek yang antar jemput saya untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar desa moni.

Sepulangnya dari danau dan tempat – tempat lain yang saya kunjungi, saya langsung kembali ke kota ende dan menginap semalam. serta mencoba menikmati wisata yang ada di kota tersebut.

2.       Biaya Pengeluaran
-          Hotel Kupang 450.000
-          Hotel Moni 350.000
-          Hotel Ende 175.000

Biaya tersebut belum termasuk biaya makan , tiket wisata dan pengeluaran lainnya. Karena perjalanan ini saya lakukan dalam sela – sela dinas. Jadi biaya tiket, hotel dan uang makan sudah ada yang nanggung.
Mungkin bagi teman – teman yang ingin berniat lburan ke danau kelimutu, bisa lebih meminimalisir untuk pengeluarannya.